Seminar Bahasa Tentang BIPA

Senin/28/10/19 Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI) Fakultas Bahasa Seni dan Humaniora. Universitas Hamzanwadi melaksanakan Seminar Kebahasaan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa yang dilangsungkan setiap tanggal 28 Oktober.

Agenda Seminar Kebahasaan yang diusung oleh HMPS PBSI dengan tema "Mengembangkan Bahasa Indonesia pada Taraf Internasional melalui BIPA". pada kesempatan ini pemateri yang diundang yaitu Zamzan Hariro, M.Pd., peraktisi BIPA luar Negeri dan Zainul Muttaqin, M.Hum., selaku dosen PBSI yang juga mengajarkan BIPA di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa PBSI, Mahasiswa Program studi lain serta sekolah yang mendapatkan undangan menghadiri kegiatan seminar kebahasaan tersbut. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Bahasa Seni dan Humanioara, Dr. H. Mohzana, S.Pd., M.Pd.. dalam kesempatan tersebut pak Mohzana menyampaikan apresiasi yang mendalam tentang antusiasme Prodi PBSI dalam menggaungkan potensi dan manfaat BIPA bagi mahasiswa. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Herman Wijaya, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan seperi ini tetap kita laksanakan setiap tahun akan tetapi tahun ini kami mengangka topik tentang BIPA sebagai wadah stimulus bagi mahasiswa dan siswa bahwa Bahasa Indonesia tidak lagi menjadi bahasa orang Indonesia tapi sudah mendunia.

Acara Seminar Bahasa tentang BIPA berlangsung selama satu hari penuh. peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 100 peserta. beberapa respon positif diberikan oleh Siswi SMAN 1 Selong, Anifa Syarif selaku peserta dalam kegiatan tersebut menyatakan bahwa "kegiatan ini sangat membantu untuk lebih mencitai bahasa Indonesia dan mengajarkan bahasa Indonesia bagi teman-teman yang sdh terkontaminasi dengan bahasa Asing".

Kegiatan seminar kebahasaan merupakan kegiatan tahunan yang sering dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dieksusi langsung oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).